Siap Songsong ATENSI, Balai Lansia "Gau Mabaji" Perkuat Peran Keluarga

  • Siap Songsong ATENSI, Balai Lansia "Gau Mabaji" Perkuat Peran Keluarga
  • WhatsApp Image 2020-10-23 at 12.55.58
  • WhatsApp Image 2020-10-23 at 12.55.58 (1)
ENREKANG, (23 Oktober 2020) – Kementerian Sosial Melalui Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) “Gau Mabaji” Gowa sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial tengah mempersiapkan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

Program ATENSI merupakan salah satu bentuk HADIR nya negara melalui Kementerian Sosial RI dalam meningkatkan layanan sosial bagi lanjut usia. Program ini selain dilaksanakan berbasis Residensial melalui Balai/Loka, juga memfokuskan pada layanan rehabilitasi sosial pada basis Keluarga dan Komunitas.

Sebagai upaya mensukseskan program, Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa melakukan upaya meningkatkan peran keluarga melalui kegiatan Penguatan Keluarga. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi kepada keluarga dalam memberikan pelayanan dan perawatan bagi lanjut usia.

Pada kesempatan kali ini diterjunkan dua tim sekaligus untuk melaksanakan kegiatan penguatan keluarga di dua Kabupaten yaitu di Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enkerang.

Salah satu lansia yang dikunjungi oleh tim di Kabupaten Enrekang, Kakek TB (83th) yang sebelumnya pernah mendapatkan pelayanan rehabilitasi sosial dalam Balai kini tinggal bersama keluarga pengganti (foster care) . 

Diketahui lansia yang kemampuan penglihatannya kurang baik akibat katarak ini mempunyai seorang anak yang tinggal di Malaysia. Karena lokasi yang jauh dan minimnya dana lansia tidak bisa tinggal bersama anaknya. Oleh karena itu, kini lansia tinggal bersama keluarga pengganti di Kabupaten Enrekang.

Di tempat berbeda, di Kabupaten Pinrang lansia LT (80th) juga tinggal bersama keluarga pengganti. Kakek LT kini menjadi lansia potensial dan produktif dengan melakukan aktivitas sehari-hari untuk membantu usaha keluarga sebagai penjual galon.

Eka Keswara Putra salah satu pegawai yang melaksanakan kegiatan pengutan keluarga ini, mengatakan bahwa keluarga pengganti merupakan solusi layanan rehabilitasi sosial yang dapat diberikan kepada lanjut usia.

“Keluarga pengganti merupakan solusi layanan rehabilitasi sosial yang dapat diberikan kepada lanjut usia, karena pada hakikatnya pelayanan rehabilitasi sosial yang terbaik dilaksanakan di Keluarga,” ujar Eka.

Harapan kedepannya keluarga maupun keluarga pengganti dapat memberikan pelayanan dan perawatan sosial bagi lanjut usia dengan optimal melalui pendampingan Balai Lansia “Gau Mabaji” Gowa.

Penulis :
Humas Balai "Gau Mabaji" Makasar
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :